Pernah Ke Wonderia Semarang? Yuks Kita Explore Tempat Ini

Taman Wonderia merupakan salah satu taman rekreasi yang terkenal di Semarang. Objek wisata ini terletak di Jl. Sriwijaya No. 29. Dengan luas lahan sebesar 3 ha, ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba di sana. Seperti bombom car, rumah hantu, mandi bola, roller coaster, kiddy boat, dan banyak lagi. Tak heran bila Wonderia menjadi favorit para orangtua untuk liburan pendek di akhir pekan bersama anak-anaknya.

Tak hanya sebatas wahana, Wonderia juga menjadi tempat berkumpulnya warga kota Semarang untuk menikmati hiburan. Karena tempat ini kerap dipilih sebagai acara musik yang diisi oleh berbagai penyanyi baik lokal maupun dari ibu kota. Juga acara-acara seperti jalan sehat, festival, dan lomba-lomba. Lokasinya yang dekat ke perpustakaan daerah dan Taman Budaya Raden Saleh juga memungkinkan pengunjung untuk belajar sejarah dan budaya di perpustakaan dan taman budaya sambil bersantai.

Ditambah di area Wonderia terdapat penjual yang menyediakan beragam pilihan kuliner. Mulai dari jajanan tradisional, makanan berat, hingga makanan dan minuman yang sedang kekinian dengan harga yang terjangkau. Selain itu, ada beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh khas Semarang untuk pengunjung yang datang dari luar kota.

Namun keseruan bermain di Wonderia kini tinggal kenangan. Pasalnya, taman rekreasi tersebut sudah tidak beroperasi. Menurut informasi, pengelola taman, PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta (Smart), memiliki tunggakan royalti dan pajak kepada Pemerintah Kota Semarang yang besarnya miliaran rupiah. Bahkan dikabarkan Pemkot telah memutus kontrak dengan perusahaan tersebut.

Kondisi lahan bekas Wonderia kini terbengkalai. Pemkot berencana menjadikannya sebagai pusat wisata kota Semarang. Namun hingga saat ini masih tak terurus. Dikabarkan ada beberapa investor yang tertarik mengelola eks Wonderia. Hanya saja belum ada kepastian karena masih dalam masa pengkajian oleh tim terkait.


Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan soal lahan bekas Wonderia ini. Semoga setelah dikelola investor baru, lahan tersebut dijadikan tempat wisata baru yang menarik dan menyenangkan seperti halnya Wonderia dulu namun dengan manajemen yang lebih bagus tentunya.

Dan jangan khawatir meski Wonderia sudah tutup, masih banyak alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi kawasan kota Semarang. Jika bicara tentang wisata Semarang, tentu tak lengkap bila kita tak menyebut Lawang Sewu. Tenang… tempat ini sudah banyak mengalami renovasi sehingga nuansa angkernya tidak akan terasa lagi. Tak hanya berwisata sejarah, hal Anda juga bisa hunting foto di dalam bangunannya yang klasik.

Untuk yang beragama Islam, berkunjunglah ke Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini dirancang dengan payung raksasa yang diadopsi dari Masjidil Haram di Saudi Arabia. Selain itu, juga ada klenteng Sam Poo Kong, pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, gereja Blenduk, dan vihara Tak Kay Sie. Tempat-tempat ibadah kuno tersebut menjadi bukti bahwa warga Semarang hidup berdampingan sejak dulu dengan menjunjung tinggi toleransi.

Jika Anda mencari tempat wisata kekinian di Semarang, ada banyak spot foto yang keren dan unik di Old City 3D Trick Art. Sempatkan pula untuk berkunjung ke Museum Rekor Indonesia (MURI) yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan 275 Srondol, Semarang. Dan masih banyak lagi tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dijelajahi. Jadi, kapan ada rencana berlibur ke Semarang?